BAB
1
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang Masalah
Industri
yang semakin berkembang sangat pesat membuat banyak perusahaan sulit untuk
mengembangkan usahanya karena harus bersaing dengan perusahaan lainnya. Pengukuran
kinerja merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi organisasi bisnis
karena hal itu adalah usaha untuk mengevaluasi hasil-hasil kegiatan yang telah
dilaksanakan perusahaan. Pada kenyataannya perusahaan hanya focus pada kinerja
keuangannya, karena tidak dapat dipungkiri bahwa tujuan dari sebuah usaha
adalah mendapat laba sebesar-besarnya, sehingga terkadang sebuah perusahaan itu
sendiri mengabaikan kinerja non keuangan seperti pelanggan (customers), bisnis internal (internal-business-process), dan
pembelajaran pertumbuhan karyawan,manajemen, dan organisasi (learning-process).
Supaya
perusahaan dapat berkembang sebuah perusahaan harus dapat mengatasi berbagai
permasalahan dalam perusahaan, dan untuk mencapai sebuah pencapaian yang
maksimal sebuah perusahaan seperti penjualan dan laba, maka perusahaan harus
menilai kinerja dari perusahaan dengan suatu metode. Salah satu metode yang
dapat dijadikan analisis kinerja sebuah perusahaan adalah metode Balance Scorecard.
Balance scorecard
melihat unit bisnis dari empat perspektif, yaitu perspektif financial,
perspektif pelanggan, perspektif bisnis internal, dan perspektif pembelajaran
dan pertumbuhan. Mengingat persaingan yang dihadapi PT.TELKOMSEL sangat besar
dalam mencari customers, maka
PT.TELKOMSEL harus mengorientasikan/memfokuskan sasaran produk berdasarkan
orientasi customers dengan
menggunakan metode Balanced Scorecard.
Dari
uraian diatas, maka penulis tertarik untuk mengangkat permasalahan ini sebagai
pembahasan dalam penulisan ilmiah yang berjudul “Analisis Kinerja PT.TELKOMSEL dengan Metode Balanced Scorecard”
1.2
Rumusan dan Batasan Masalah
Rumusan masalah dalam penulisan ilmiah ini adalah
untuk mengetahui “Bagaimana kinerja PT TELKOMSEL dengan menggunakan metode Balanced scorecard”
Melihat cakupan pembahasan yang sangat luas, maka
penulis membatasi masalah sebagai berikut :
1. Perspektif
financial penelitian secara umum dilakukan dengan menggunakan rasio likuiditas,
rasio leverage, rasio aktivitas, dan rasio rentabilitas dengan meggunakan
neraca dan laporan laba rugi perusahaan pada periode 2005-2012.
2. Perspektif
pelanggan, penelitian dilakukan pada customers
yang hubungannya dengan kepuasan.
3. Perspektif
bisnis internal, penelitian pada proses inovesi dan proses operasi perusahaan.
4. Pada
perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, penelitian dilakukan pada kaaryawan
yang berhubungan dengan motivasi, keselarasan dan kepuasan.
1.3
Tujuan
Penelitian
Tujuan
penelitian ini adalah :
Untuk
mengetahui kinerja PT.TELKOMSEL dengan menggunakan metode Balance scorecard.
1.4
Manfaat
Penelitian
1. Bagi
Perusahaan :
Hasil penelitian
ini dapat memberikan informasi kepada perusahaan dan dapat dijadikan sebuah
masukan yang berguna bagi pelaksanaan kebijakan dalam perusahaan dan dapat
dijadikan acuan dalam hal meningkatkan atau mempertahankan kinerja di tahun
berikutnya.
2. Bagi
Akademis :
Bagi jurusan
akuntansi penelitian ini dapat menambahkan informasi dalam mata kuliah
akuntansi manajemen.
3. Bagi
Penulis :
Dengan
dilakukannya penelitian ini diharapkan dapat pengetahuan untuk dapat diwujudkan
melalui praktek lapangan dan menambah pengalaman bagi penulis.
4. Bagi
Pembaca :
Peneelitian ini
dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan bagi pembaca dibidang akuntansi
manajemen dalam penerapannya pada perusahaan.
1.5
Metode
Penelitian
Metode Penelitian yang digunakan
dalam penulisan ilmiah ini adalah :
1.5.1 Objek Penelitian
Dalam penulisan
ilmiah ini penulis menggunakan objek penelitian yaitu pada PT.TELKOMSEL.
1.5.2 Data Variable
Data yang
digunakan penulis dalam penelitian ilmiah ini adalah neraca dan laporan laba
rugi tahun 2005-2012, kuesioner kepuasan pelanggan, kuesioner pertumbuhan dan
pembelajaran (kepuasan karyawan berdasarkan tingkat keselarasan dan tingkat
kepuasan), serta gambaran umm bisnis internal perusahaan.
1.5.3 Metode Pengumpulan Data/Variable
1. Riset
Perpustakaan (library research)
Yaitu dengan cara membaca, mempelajari, menelaah,
memahami dan menganalisis sumber kepustakaan yang relevan.
2. Riset
Variable (field research)
a. Wawancara
(interview)
Yaitu dengan
melakukan tanya jawab langsung dengan narasumber yang bersangkutan, karyawan
dan pelanggan (customers).
b. Dokumentasi
Proses
pengumpulan data dengan cara mengumpulkan dokumen yang dibutuhkan dalam
penulisan seperti: gambaran umum perusahaan, bidang usaha, laporan neraca dan
laba rugi.
c. Kuesioner
Yaitu dengan
memberikan beberapa pertanyaan kepada responden (pelanggan dan karyawan), pemilihan sample
probabilitas dengan metode pemilihan sample acak sederhana.
1.6 Alat
Analisis yang Digunakan
Alat analisis yang digunakan penulis adalah :
1.
Analisis deskriptif melalui penggunaan tabel
antara lain tabel kepuasan pelanggan, tabel pertumbuhan dan pembelajaran
(kepentingan dan kepuasan karyawan) serta dengan melihat gambaran umum dari
bisnis internal perusahaan.
2.
Analisis kuantitatif dengan menggunakan
analisis rasio seperti :
a.
Rasio Profitabilitas (Profitability
Ratios).
Rasio
ini terdiri dari :
1.
Keuntungan Kotor (Gross Margin)
Keuntungan Kotor
Rasio
Keuntungan Kotor = x 100%
Penjualan Bersih
-
Keterangan :
Keuntungan
Kotor = Penjualan – Biaya Penjualan (langsung)
2. Keuntungan
Bersih (Net Profit Margin)
Keuntungan Bersih
Rasio
Keuntungan Bersih = 100%
Penjualan
Bersih
-
Keterangan :
Keuntungan Bersih =
(Penjualan + Pendapatan lain-lain) – (Semua Biaya langsung dan Biaya tidak
langsung + Bungan pinjaman dan Pajak)
3.
Tingkat Pengembalian Asset (Return On Assets – ROA)
Keuntungan Bersih
Rasio ROA = x
100%
Total
Aktiva
4.
Tingkat Pengembalian Modal Sendiri (Return
On Equity – ROE, atau juga sering disebut dengan on Net Worth).
Keuntungan
Bersih
Rasio ROE = x
100%
Modal
Sendiri
b.
Rasio Likuiditas (Liquidity Ratios)
Rasio
ini terdiri dari :
1.
Rasio Lancar (Current Ratio)
Aktiva
Lancar
Current Ratio =
Hutang
Lancar
|
2. Rasio
Cepat (Quick Ratio)
Aktiva
Lancar - Persediaan
Acid Test Ratio =
Hutang
Lancar
|
0 komentar:
Posting Komentar