Shiny Sky Blue Star

Kamis, 24 November 2011

Bisnis Online

Ini adalah sebuah artikel yang saya buat dengan bantuan beberapa sumber yang saya dapat.
Menurut Wikipedia, dalam ilmu ekonomi, bisnis adalah suatu individu atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggrisbusiness, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Nah itu bisnis secara umum lalu jika di sandingkan dengan kegiatan online yang dijalankan dengan internet atau media informasi lain secara online, maka bisnis online sendiri adalah suatu individu atau organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya melalui media internet atau dengan bantuan teknologi informasi lain secara online.
Peluang Bisnis Online Di tahun 2012
Dengan Modal kecil dengan hasil yang melimpah tanpa mengikuti seminar ataupun berbagai khursus. Hal ini tidaklah sesulit yang dibayangkan kan prospeknya luar biasa. Trend baru memanfaatkan internet yang sekarang lagi populer. Peluang Bisnis Online 2012 terbuka untuk siapa saja, karyawan, mahasiswa, ataupun ibu rumah tangga. Tanpa takut meninggalkan kewajiban-kewajiban yang lain.
Seseorang semakin ingin memakukan semuanya dengan instan, sehingga bisnis online ini memudahkan seseorang melakukan kegiatan bisnis dengan mudah hanya dengan internet dan dapat dilakukan dimanapun. Dengan peluang penghasilan besar dengan resiko sekecil0kecilnya bisnis online adalah sebuah jalan seseorang yang ingin berbisnis.
Untuk seorang ibu rumah tangga anak tetap terurus walaupun ibu melakukan bisnis ini. Seorang pelajar dan karyawan tetap dapat melakukan kegiatan mereka seperti biasa. Mulai dari satu langkah yang kecil untuk menghasilkan berbagai keuntungan tak terduga dan juga membuat kalian terheran-heran sendiri.
Dalam hal berbisnis online, pengaruh dan peranan TI terhadap perkembangan bisnis online di Indonesia. Dengan adanya pembuatan website, forum, dan blog inilahsebagai media yang bersifat sebagai jalan antara penjual dan pembeli untuk saling memberi informasi sekaligus  bertransaksi semakin hari semakin banyak saja, hal ini menunjukan perkembangan situs-situs yang memiliki wadah untuk bisnis online semakin berkembang tiap waktu.
Memang yang namanya bisnis online tidak terlepas dari peranan dunia TI, karena semua diawali dari perkembangan teknologi informasi terutama yang namanya Internet. Bahkan beberapa pengguna bisnis online menggunakan aplikasi chatting  seperti yahoo mesengger untuk melakukan transaksi, tentunya perbincangan ini berasal dari suatu blog atau iklan di uber social yang menawarkan barang atau jasa.
Perkembangan bisnis online saat ini sudah sangat pesat, sehingga menimbulkan persaingan bisnis yang cukup ketat. Namun di tengah persaingan yang ada, tidak semua blog atau website memiliki traffic kunjungan yang bagus. Sehingga setiap bisnis online memiliki track atau jumlah kunjungan yang berbeda- beda.
Untuk memenangkan persaingan bisnis online, banyak pelaku bisnis yang berusaha mengoptimalkan blog atau website mereka dengan mencari informasi mengenai kunjungan konsumen. Hal inilah yang mendorong  para pelaku bisnis online, ingin mengetahui tracking blog atau website yang mereka miliki saat ini.
Manfaat dari kegiatan tracking pengunjung antara lain, pelaku bisnis online bisa mengetahui dari mana pengunjung menemukan bisnis onlinenya, berapa banyak jumlah konsumen yang mengunjungi blog atau website tersebut setiap harinya, berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, sampai halaman atau content apa saja yang paling sering dikunjungi konsumen. Sehingga Anda mengetahui informasi penting menyangkut perkembangan bisnis online Anda saat ini.
Jika Anda penasaran dan bertanya-tanya, mengapa tracking pada bisnis online penting? berikut kami berikan jawabannya :
  • Dengan mengetahui bagaimana pengunjung menemukan bisnis online Anda (seperti melalui mesin pencarian Google dengan kata kunci tertentu), maka Anda bisa memfokuskan diri untuk meningkatkan jumlah kunjungan dari sumber tersebut. Misalnya saja dengan mengoptimalkan kata kunci tertentu, pada setiap konten yang ada pada bisnis online Anda. Atau bisa juga dengan menggunakan SEO, untuk mempermudah proses pencarian pada mesin Goole. Jadi tidak menutup kemungkinan, jika blog atau website Anda akan muncul di halaman pertama hasil pencarian Google.
  • Informasi mengenai jumlah pengunjung yang datang ke blog atau website Anda setiap harinya, juga sangat penting bagi Anda. Dengan informasi tersebut, Anda mengetahui seberapa ramai pengunjung bisnis online Anda. Sebab semakin banyak pengunjung yang datang setiap harinya, maka semakin popular pula blog atau website yang Anda miliki.
  • Berapa lama pengunjung browsing di blog atau website Anda, secara tidak langsung memberikan penilaian pada konten yang ada di dalamnya. Jika konten yang ada di dalam blog atau website tersebut bagus, maka pengunjung juga tidak akan segan untuk berlama-lama browsing ditempat Anda. Hal ini menjadi salah satu bahan pertimbangan ketika Anda mengadakan evaluasi konten dan pelayananbagi para konsumen, sehingga Anda mengetahui cara untuk meningkatkan kepuasan pengunjung.
  • Yang keempat, pentingnya tracking dapat membantu Anda dalam menentukan topik yang diminati konsumen. Dengan melihat data konten yang paling sering dikunjungi konsumen, Anda mengetahui minat konsumen. Sehingga untuk topic selanjutnya, dapat disesuaikan dengan minat utama para pengunjung.
Mengetahui perkambangan blog, merupakan salah satu hal wajib bagi pelaku bisnis online. Oleh karena itu, kegiatan tracking sangat diperlukan untuk mendapatkan data perkembangan sebuah blog atau website yang berimbas pada kemajuan bisnis tersebut
Perkembangan zaman yang semakin maju, dengan teknologi internet serta gadget yang semakin canggih, membuat bisnis online semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu alternatif untuk penambah "devisa" diri sendiri. Pada awalnya, kebanyakan orang memang hanya melihat gambaran besar bahwa bisnis online ini hanyalah sebagai bisnis coba-coba. Bila dipikirkan dengan lebih luas, bisnis online ini sebenarnya dapat menjadi sumber penghasilan tambahan Anda di setiap bulannya, mungkin sedikit bumbu serius bisa menjadi katalis yang tepat.

Seperti halnya bisnis lainnya, mendirikan bisnis di ranah online juga memerlukan kerja keras dan kegigihan demi menuai keberhasilan.  Dengan semakin meluasnya penetrasi internet di Indonesia, semakin besar pula peluang pengembangan kewirausahaan, khususnya secara online.  Bila dijabarkan ada beberapa alasan mengapa bisnis online adalah alternatif yang menggiurkan.
Pertama, nilai investasi relatif rendah; investasi utama hanya untuk barang yang dijual, tidak perlu biaya besar untuk membangun toko ataupun sewa lapak tahunan. 
Kedua, modal kerja utama hanyalah sambungan internet, komputer, serta barang dan jasa yang ditawarkan.
Ketiga, resiko investasi bisnis online pun rendah, pemilik bisnis bebas berimprovisasi untuk menemukan produk yang paling pas dan cara terbaik untuk memasarkan bisnisnya. Jumlah pengguna internet yang sudah mencapai 45 juta pengguna merupakan alasan
keempat: potensi pelanggan mencapai jutaan orang. 
Kelima, biaya pendirikan "toko" rendah, bahkan ada platform e-commerce yang sama sekali tidak membebankan biaya registrasi ataupun pendirian toko. 
Biaya operasional toko online pun dapat ditekan. Selama bisnis masih dalam tahap pengembangan, tim pengelola bisa menekan biayanya seminimal mungkin. Hingga sekarang, ada beberapa toko online yang pengelolanya hanya dua hingga tiga orang namun sudah mencetak transaksi hingga puluhan juta tiap bulannya. 
Terakhir, bisnis online memiliki pilihan metode pemasaran yang beragam.  Wirausahawan yang internet savvy kini semakin lihai dalam menggunakan berbagai jaringan sosial dan forum untuk mempromosikan bisnisnya secara gratis untuk meraih pembeli (dan bahkan komunitas yang relevan).

Jika Anda berpikir bahwa untuk memulai sebuah bisnis online harus membangun sebuah website dulu, silakan tanggalkan pemikiran itu.  Sekarang ini, di Indonesia pilihan platform yang dapat Anda gunakan semakin beragam. Baik ini kali pertama ataupun kesekian kali Anda mendirikan toko online, ada baiknya Anda memilih platform e-commerce yang komprehensif namun berbiaya rendah (bahkan gratis!).


Sumber : http://bisnismudahdancepat.com/apa-sih-bisnis-online-itu/

              http://bisnisukm.com/mengapa-tracking-pada-bisnis-online-penting.html

              http://ariesre.wordpress.com/2011/01/31/pengaruh-dan-peranan-ti-terhadap-perkembangan-bisnis-online-di-indonesia/

dengan berbagai perubahan

Link-link Gunadarma
Gunadarma University
BAAK Gunadarma
Student Site Gunadarma
Perpustakaan Online
SAP Gunadarma

0 komentar:

Posting Komentar